Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PS5 Telah Terjual Sebanyak 10 Juta Unit, Jadi Konsol Sony dengan Penjualan Tercepat di Dunia

INCREINDO - Baik PS5 maupun Xbox Series X/S merupakan konsol baru yang sulit didapatkan oleh sebagian besar orang. Kombinasi antara komponen yang kurang dan para penimpun menjadi beberapa faktor mengapa keduanya bisa jadi langka. Meskipun begitu, tak lama ini, PlayStation mengumumkan melalui Blog Resminya bahwa PS5 telah terjual sebanyak 10 juta unit secara Global.

PS5 mencapai pencapaian itu pada 18 Juli kemarin, 249 hari atau sekitar 8 bulan setelah diluncurkan pada November tahun lalu. Sebagai perbandingan, konsol lain garapan Sony seperti PS4, PS3 dan PS2, terjual sebanyak 10 juta unit masing-masing setelah 271 hari, 3 tahun dan 1 tahun sedikit sejak pertama kali dirilis. Itu artinya, PS5 jadi konsol Sony tercepat yang terjual dalam jumlah itu.



Terlepas dari fakta bahwa pencapaian impresif itu patut dirayakan, bos PlayStation – Jim Ryan mengaku bahwa ia dan timnya masih punya banyak tugas untuk memenuhi tuntutan pasar yang tinggi akan PS5. Terlebih PS5 saat ini masih dalam fase “langka” dan sekalipun ada, pasti dibanderol dengan harga tinggi melampaui yang ditetapkan oleh Sony.

Disamping PS5, Sony juga mengumumkan catatan penjualan dari game-game yang dirilis untuk konsol next-gen itu. Spider-Man: Miles Morales terjual lebih dari 6,5 juta kopi semenjak diluncurkan pada November tahun lalu, sementara 1.1 juta kopi game Ratchet & Clank: Rift Apart telah dibeli sejak dirilis bulan kemarin. Returnal yang jadi game eksklusif PS5 dan diluncurkan April silam, juga diumumkan telah terjual sebanyak 560 ribu kopi.

Menarik untuk melihat bagaimana catatan penjualan PS5 ke depannya, terlebih setelah Sony mengekspektasikan bahwa konsol terbaru mereka itu akan terjual lebih dari 22,6 juta unit di akhir 2023. Jika itu terjadi, maka PS5 akan mematahkan rekor yang telah dipegang PS1 sejak 1998.