Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khiasiat Daun dan Bunga Sereh Yang Belum Anda Ketahui

Khiasiat Daun dan Bunga Sereh Yang Belum Anda Ketahui


Cymbopogon citratus atau serai merupakan sejenis tanaman yang wanginya tidak disukai oleh serangga seperti nyamuk. Namun wanginya ini justru disukai oleh orang-orang. Terbukti tanaman yang biasa disebut sereh ini menjadi rempah andalan ibu-ibu dalam mengolah masakannya. Wangi yang dikeluarkan daun sereh pada saat dicampurkan ke dalam masakan benar-benar menggugah selera. Tanaman serei merupakan tanaman multifungsi karena termasuk dalam kategori tanaman penghasil bumbu masakan sekaligus tanaman obat.


Dalam beberapa penelitian, ditemukan bahwa daun sereh mengandung minyak atsiri, antioksida, citral, antimikroba dan antibakteri yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat untuk kesehatan:

  • Mengobati sakit gigi
    Sakit atau nyeri pada gusi dapat diringankan dengan berkumur-kumur menggunakan air rebusan daun sereh selama satu menit.
  • Meringankan keram pada saat menstruasi
    Pada saat menstruasi, wanita sering mengeluh keram pada area perut atau pinggulnya. Hal semacam ini kadang mengganggu aktifitas. Jadi untuk menguranginya, bisa dengan meminum air rebusan daun sereh pada pagi hari.
  • Anti kanker
    Daun serai mengandung senyawa citral. Citral merupakan zat anti kanker yang dapat membunuh sel-sel jahat dan mempertahankan sel-sel sehat. Daun serai yang telah direbus meninggalkan zat cirtal direbusan airnya. Jadi miumlah air rebusannya 2 kali sehari. Sebuah penelitian yang dilakukan University Gurion di Israel mengungkap bahwa 100 gram serai mengandung antioksidan tinggi pencegah kanker. Namun perlu ditekankan bahwa ramuan ini tidak menyembuhkan kanker secara otomatis. Hanya membatu menghambat penyebarannya.
  • Mengatasi perut kembung
    Bertambahnya gas atau angin didalam usus dapat mengakibatkan perut kembung. Proses bertambahnya gas pada usus dapat dicegah dengan kandungan yang terdapat pada daun serai. Caranya dengan mengkonsumsi teh daun serai pada saat perut kembung. Selain itu bisa juga dengan pemakaian luar. Caranya dengan mengoleskan hasil tumbukan daun serai yang yang dicampur dengan minyak angin. Oleskan di area perut yang terasa kembung.
Teh daun sirih memiliki cita rasa unik dan beraroma wangi. Sangat bermanfaat jika diminum rutin
Teh daun serai memiliki cita rasa unik dan beraroma wangi. Sangat bermanfaat jika diminum rutin.
  • Mengatasi hipertensi
    Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi karena peredaran sirkulasi darah yang tidak berjalan normal. Daun serai mampu menormalkan sirkulasi darah di dalam tubuh sehingga bagus dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Caranya dengan merebus daun serai lalu meminum air rebusannya. Bisa juga dengan meminum minuman dan memakan makanan yang mengandung serai.
  • Pemberi nutrisi pada saraf
    Serai bersifat hangat. Oleh sebab itu ketika mengkonsumsi serai jangan heran jika badan secara otomatis akan terasa hangat juga otot-otot terasa lemas. Hal ini berefek baik pada sistem saraf tubuh. Karena dengan melemasnya otot-otot, sistem saraf akan berfungsi dengan baik.
  • Mengatasi infeksi kulit
    Infeksi pada kulit terjadi karena banyaknya jamur dan kuman yang bersarang pada kulit. Jamur, kuman dan bakteri dapat dimusnahkan dengan senyawa antimikroba dan antibakteri. Senyawa-senyawa tersebut terkandung dalam daun serai. Jadi jika mengkonsusmi daun serai, jamur juga kuman-kuman yang bersarang pada kulit akan mati bahkan bekasnya pun akan hilang.

Manfaat untuk kecantikan:

Selain mengatasi masalah kesehatan, daun serai juga bermanfaat untuk kecantikan wanita. Kandungan nutrisi seperti minyak atsiri dan antioksidan yang tinggi mampu melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet. Sama seperti kandungan yang terdapat di dalam jeruk nipis dan tomat. Hal ini memberikan keuntungan karena kulit wajah dapat terhindar dari penuaan dini. Selain itu, ada beberapa macam kosmetik yang terbuat dari ekstrak daun serai, misalnya sabun wajah. Sabun serai berkhasiat untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya, mengangkat flek-flek hitam, dan memberi kesegaran pada kulit wajah. Jika rutin digunakan maka kulit akan terasa lebih kencang dan halus.


Salah satu contoh produk hasil olahan daun sereh yang berkhasiat merawat kulit wajah.
Salah satu contoh produk hasil olahan daun serai yang berkhasiat merawat kulit wajah.

Manfaat daun serai sebenarnya sudah menjadi pengetahuan umum di lingkungan masyarakat. Namun pernahkah anda mendengar tentang bunga serai? apakah manfaatnya?

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa serai memiliki bunga. Karena serai yang berbunga memang sangat jarang ditemui. Ada isu yang beredar bahwa serai berbunga selama 11 tahun sekali. Dan itu merupakan momen langka yang membuat bunga serai digadang-gadang memiliki aura mistis yang kental. Bentuk bunga serai pada dasarnya menyerupai biji padi dan bertangkai seperti ilalang. Di dunia spiritual, bunga ini dianggap sebagai mustika alam yang memiliki energi positif. Menurut beberapa ahli spiritual, energi juga aura positif yang dipancarkan oleh bunga serai dapat mendatangkan rezeki dan melancarkan hubungan asmara.


Bunga sereh seringkali dibuat menjadi batu mustika yang dibeberapa kalangan dipercaya memiliki aura magis.
Bunga serai seringkali dibuat menjadi batu mustika yang di beberapa kalangan dipercaya memiliki aura magis. Batu mustika ini marak diperjual belikan dengan harga selangit.

Ketika serai berbunga, biasanya akan diadakan ritual penyambutan bunga. Jika dipikir secara logis memang agak susah diterima oleh akal pikiran, namun setiap orang memiliki perbedaan keyakinan akan hal-hal tertentu yang dianggapnya benar. Berbeda dengan daun serai yang bermanfaat secara medis, bunga serai justru memiliki manfaat secara magis. Semuanya kembali kepada anda bagaimana menggunakannya secara tepat agar bisa mendapatkan manfaatnya.


Salah satu fenomena langkah melihat sereh berbunga.
Melihat tanaman serai yang berbunga merupakan sebuah fenomena langka.