Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Otak-Otak Goreng (Udang Ayam)

OTAK-OTAK GORENG (UDANG AYAM)


Bahan-Bahan :


200 gr daging ayam (saya beli daging giling dilotte ya)

1/2 kg udang (kupas kulit, jadinya segitulah saya pake udangnya)

4 sdm air (saya ganti santan kara 4sdm)

4 siung bawang putih, haluskan

5 siung bawang merah, haluskan

2 btg bonggol daun bawang, iris halus

2 butir telur

Garam, gula pasir dan merica secukupnya

250 gr tepung tapioka (merk pak tani)


Caranya :


1. Siapkan semua bahan


2. Karena ayam sudah digiling, jadi saya cuma blender udangnya aja yg dicampur santan dan telur


3. Campur semua bahan jadi satu. Aduk rata, klo dirasa masih kelembekan boleh tambah tapioka dikit2 yah


4. Lumuri tangan dengan minyak goreng agak banyak supaya gak lengket


5. Ambil sedikit adonan (kurleb 1 sdm penuh) letakkan di telapak tangan lalu bentuk hingga ujungnya meruncing (gunakan bantuan spatula rubber)


6. Rebus adonan otak2 di dalam air mendidih hingga matang, kalo sudah mengapung angkat


7. Masukkan otak2 rebus tdi ke dalam air es, lakukan sampe habis stelah itu tiriskan (saya air es campur es batu)


8. Stelah itu otak2 siap di goreng, dengan api sedang cenderung kecil dan sobek sedikit bagian tengah supaya tidak meledak ketika menggoreng


9. Goreng otak2 hingga kuning kecoklatan ya stelah itu angkat.


(saya jadi 30 biji)


Note :


Kalau untuk santan selera juga, mau pake air sah sah aja, cuma saya ganti santan supaya lebih gurih aja.


Oh ya klo pas beli ayamnya blm digiling, boleh pakai blender, tp saran saya masukin aja bareng telur dan santannya, saya gak mau pakai air pas blendernya krn emang jadi bikin tambah lembek nanti susah dibentuk.


Kalau soal bentuk masih gak mulus, tak apa lah ya.. yg penting rasa endes gitu yah say.. soalnya emang supaya dapetin otak2 yg empuk itu rada lengket adonannya, klo bener2 gak lengket itu bisa jadi kebanyakan tepung dan nanti alot jadinya.. yg penting tangan banyak2 dibalur minyak dan pakai bantuan spatula rubber itu buat ngebentuknya nanti bisa kok mulus dan bagus.





Selamat mencoba