Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Harus Berpuasa Sebelum Bekurban

Apakah Harus Berpuasa Sebelum Berkurban ????

Banyak orang bertanya, Bagi Orang yang Hendak Berkurban, Apakah Harus Berpuasa Sebelum Berkurban?


Di sebagian daerah, terdapat sebagian kepercayaan di tengah masyarakat mengenai keharusan berpuasa bagi orang yang hendak berkurban sebelum berkurban. Sebelum berkurban, yaitu sebelum hari Idul Adha, ia harus berpuasa pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah. Benarkah bagi orang yang hendak berkurban harus berpuasa sebelum berkurban?


Ketika seseorang hendak berkurban di hari Idul Adha atau hari-hari Tasyrik, dia tidak diharuskan untuk berpuasa pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah. Berpuasa pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah hanya bersifat sunnah, tidak wajib, baik bagi orang yang hendak berkurban atau lainnya. 


Oleh karena itu, kepercayaan mengenai keharusan berpuasa pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah bagi orang hendak berkurban merupakan kepercayaan yang tidak berdasar. Sebab itu, jika ia tidak berpuasa pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah, maka kurbannya tetap sah. Hanya saja, dia tidak mendapatkan keutamaan kesunnahan berpuasa di hari 8 dan 9 Dzulhijjah tersebut. 


Pertanyaan: Apakah diharuskan bagi orang yang hendak berkurban untuk berpuasa selama tiga hari sebelum hari Idul Adha?


Jawaban: Tidak diharuskan berpuasa bagi orang hendak berkurban sebelum hari Idul Adha. Keharusan ini tidak memiliki dasar. Karena itu, bagi orang muslim hendaknya bertanya kepada ulama fiqih yang memang ahli dalam masalah-masalah agama, dan tidak hanya mencukupkan diri dengan pengetahuan yang didengar dari kebanyakan orang. Karena hal itu kadang merupakan pengetahuan yang keliru. Berkaitan dalam masalah ini, aku akan menyebutkan masalah yang berkaitan dengan kurban, yaitu bagi orang hendak berkurban, maka dianjurkan baginya untuk tidak memotong rambutnya dan kukunya selama 9 hari pertama bulan Dzulhijjah.

#iduladha2021 

#idulqurban

 #adha 

#bimasislam

#KemenagRI

#HewanQurban